Cari Blog Ini

Senin, 17 Desember 2012

KONSUMEN KECEWA PELAYANAN PT POS KURANG MEMUASKAN



Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan (persero). Pos Indonesia memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang dicatatkan di Akta Notaris Sutjipto, S. H. Nomor 117 pada tanggal 20 Juni 1995 yang juga telah mengalami perubahan sebagaimana yang dicatatkan di Akta Notaris Sutjipto, S. H. Nomor 89 pada tanggal 21 September 1998 dan Nomor 111 pada tanggal 28 Oktober 1998 (Wikipedia).

PT. Pos Indonesia sebagai salah satu pelayanan jasa pengiriman terbesar di Indonesia menawarkan berbagai keunggulan yakni komunikasi yang selektif dan interaktif,membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan, mengukur keberhasilan, mengevaluasi, dan melakukan penyesuaian/perbaikan. PT. Pos Indonesia juga cukup kreatif dalam menciptakan produk dan jasa keuangan seperti filateli, admail post, express mail, pos kilat dll sehingga dapat bersaing dengan jasa pengiriman swasta.Namun sangat disayangkan perkembangan kreatifitas produk Pos Indonesia tidak sesuai dengan peningkatan kualitas pelayanannya. Akhir-akhir ini banyak muncul komentar-komentar pedas dari masyarakat terhadap PT. POS INDONESIA. Yang menjadi masalah banyak masyarakat komplain akan keterlambatan barang bahkan banyak pula yang berkomentar barang tidak sampai di tempat tujuan atau hilang entah kemana. Berikut beberapa komentar pelanggan PT. Pos yang kecewa :


Komentar masyaratkat di sosial media facebook :


Kotak Cantik
SANGAT KECEWA DENGAN SERVICE POS INDONESIA, paket kiriman saya dengan resi 12694020861 (kilat khusus) kirim 11 desember 2012 dari Solo hingga saat ini belum saya terima di Surabaya, sudah komplain malah dilempar kesana-kemari hingga pulsa habis tanpa ada status kejelasan paket saya, apalagi beberapa nomor telpon yang tercantum tidak bisa dihubungi: 031-3522099, 3523096, 3520033, 3573304. apakah POS INDONESIA TIDAK MAU MENERIMA KELUHA/KOMPLAIN PELANGGAN YANG KIRIMAN PAKETNYA SANGAT TERLAMBAT MESKIPUN MENGGUNAKAN JASA KILAT KHUSUS YANG MAHAL?
mending pakai jasa pengiriman lain yang servisnya lebih bagus dengan harga sama.

Arsha Batik
Jogja Pak Pos ko status kiriman dg resi ini 12690567809 masih proses kirim ja biasanya ni dah smpe tempat tujuan terus kapan sampainya? sy kirim keluhan lengkap datanya lewat web, lewat inbox jg gak direspon. Terima Kasih.

Julius Li
Saya juga merasakan hal yang hampir sama, biasanya lewat jne, krman saya dari jawa ke batam nyampe 2hri, cb krm lewat pos indonesia krm tanggal 6 sampe skrg gk tau di mana posisi barang saya, jika di cek online hanya ada tulisan status kirim,, tolong lah pos indonesia lbh bersaing dngan jasa pengiriman lain

Dhian Ratnasari
Pak, paket saya sudah sekitar seminggu yang lalu saya kirim, tapi sampai hari ini belum sampai di tangan penerima. Malah di status lacak, tertera dikirim balik ke kota saya. Saya sudah lapor lewat keluhan. Mohon tanggapan segera. Penerima sudah terlalu lama menunggu. Terimakasih.

Alam Jagad Cilek
Besok sy me paket kurang lebih 50 kg, jaket dan kaos
Mudah mudah pihak kantor pos tidak bongkar dan mengambil paketan untuk kepentingan pribadi. Sukses Pak pos.

Rainall Huliselan
Pak POS...barang kiriman saya kok blm sampai sampai yach....No Resi :12629460206. .... maksudnya apa ini dengan status terbukukan?

Asry Cembem Tea
tgl 12 Desember 2012
saya mgirim pos dr cikarang ke karawang.
resi 12964050759
tp setelah saya cek hari ini tanggal 17 Desember 2012,
STATUS KIRIMAN TERBUKU KAN.
apa maksudnya? SERVICE NYA TOLONG DI PERBAIKI.


lihat selengkapnya di ; http://www.facebook.com/posindonesia

Ternyata masalah pelayanan ini bukan hanya terjadi baru-baru ini namun sudah sejak tahun 2009, masyarakat sudah kecewa dengan pelayanan PT. Pos yang lelet dan bahkan tidak sampai ke konsumen. Terbukti dengan beberapa komentar masyarakat yang dikutip dari pushandaka.com dibawah ini :

27 Responses to “Kecewa Pos Indonesia”

ketut sutawijaya
Saya juga pernah dikecewakan dengan pos indonesia. Saya pernah sekali mengirimkan paket dari bali ke jakarta. sampai sekarang, entah bagaimana kabarnya. Hanya Tuhan yang tahu. tidak ada yang tahu dimana paket tersebut nyungsep. hihihi.-= ketut sutawijaya´s last blog ..Masih tentang FB =-.

Cahya
Saya sendiri belum pernah mengalami hal-hal seperti itu. Namun biasanya saya hanya mengirim barang-barang atau surat yang tidak terlalu penting untuk segera sampai lewat POS Indonesia.Namun jika saya mengirim dokumen penting atau benda yang harus sampai dalam waktu 24 jam. Saya biasanya menggunakan jasa Pajet Yes dari TIKI/JNE.
Bukankah katanya kalau tidak sampai tepat waktu mendapatkan ganti rugi?

Itik Bali
Sebenernya paket menggunakan pos itu cukup baik hanya sayangnya pada saat ada kejadian apa-apa kita sulit untuk melacaknya karena terlalu banyak orang yang saling lempar...-= Itik Bali´s last blog ..7 Hal Mengapa Harus Berkomentar

Winarto
Kalau saya lebih suka jasa pengiriman milik swasta..meski sedikit mahal, tapi top begete.
Gek
Apalagi saya…..
Katanya udah sampe 10 hari.. sekarang udah 4 minggu, paketan saya belum sampai rumah. Abis itu, belum lagi pajak yg harus dibayar… SAYA KECEWA DENGAN POS INDONESIA!!!!!(Eh, ayo tukeran link, kalo ga isa follow… (pasrah…).-= Gek´s last blog ..Rumput Liar.
vinna
next time mba rini-nya coba ngirim pake tiki aja, mas...-= vinna´s last blog ..di 10 Hari Terakhir.. =-.
Sugeng
Yang lebih payah lagi ijasahnya ortuku sampe sekarang ilang gak berbekas (cuma amplopnya saja yang sampe) padahal itu kiriman dari kediri ke surabaya..-= Sugeng´s last blog ..Hobi Dan Kesenanganku Sangat Mengganggu Keluargaku =-.
dani
Sebentar, dulu memang Pos Indonesia cabang Jogja (dekat kampus UGM) menyatakan bisa ekspres 24 jam. Dan saya buktikan memang betul-betul ekspres. Tapi setahu saya, belakangan, dengan jenis layanan yang sama, beberapa kali, pihak petugas loket Pos Indonesia dekat kampus UGM selalu mengingatkan bahwa waktu kirim (saat itu masih jam 9 pagi; jam 10 atau 12 ke atas dikirim esok hari; cmiiw) ke Denpasar sekarang memakan waktu lebih dari 24 jam, bukan lagi 24 jam. Saya lupa alasan yang disampaikan petugas waktu itu.Jadi pengiriman Jumat pagi mungkin sampai di Denpasar sehari sesudahnya. Tapi hari Sabtu, apakah kurir masih bekerja? Jadi biasanya diantar Senin. :)
Alternatif lain untuk kiriman 24 jam, kirim via paket bus (Safari, Gunung Harta, Pahala Kencana, dll), atau TIKI yang relatif lebih mahal. :).-= dani´s last blog ..Web Blog Navigation Menu =-.

venny
SeTuju . . . pelayanan pT . pos indonesia emank ga memuaskan. Nih, saya sedang menunggu paket dari surabaya yang tak kunjung datang. Yang ada hanyalah penyesalan kenapa mempercayakan pengirimannya kepada PT . pos indonesia.
dicky
yach.. aku punya banyak pengalaman buruk dgn jasa PT pos ini.. dan tidak bisa berbuat banyak ketika barang terlambat berminggu2.. kupikir sekali dua kali sih wajar lah.. tapi kok berulangkali ya.. akhirnya aku kapok pake jasa pos indonesia ini. dulu mereka bisa saja seenaknya karena monopoli (gak ada saingan jasa pengiriman lain yg berarti)tapi skrg kan banyak.. tinggalin ajah ganti yg lain yg bisa dipercaya.. kalo pengen kembali dipercaya.. ya perbaiki dulu pelayananya.

lihat selengkapnya di : pushandaka.com

Untuk itu, diharapkan kepada PT. Pos Indonesia agar segera memperbaiki pelayanan baik dari segi pengiriman barang maupun pelayanan informasi umum bagi konsumen. Semoga dengan melihat komentar dari masyarakat menjadikan PT Pos Indonesia jauh lebih baik lagi.

5 komentar:

  1. sangat kecewa banget dengan pos indonesia...
    masa kaka saya ngirim hp dari batam ke depok yg nyampe cuman dusnya ama cargernya doang hp nya gk ada...padahal hpnya harga mahal.emang cepet gk lambat tpi isinya kosong..sangat rugi sekali saya ada asuransinya tpi gk sesuai dgn nilai barangnya..uang asuransinya pun belum cair sampai sekarang,,,mohon perbaiki pos indonesia klo bikin kecewa tutup aja..

    BalasHapus
  2. Memang pos lelet...
    Mau sampe kapan ngecewain pelanggan...

    Kecewa....kecewa...kecewa....

    BalasHapus
  3. sedikit berbagi, gua pernah pake jasa viabox buat kirim barang, menurut gua rate mereka ok, respon dari mereka super cepet dan memuaskan, barang sampai tujuan dengan selamat tanpa kerusakan

    BalasHapus
  4. dah males bnget make jasa pos,pengiriman jakarta-jepara,sedang posisi sudah nyampai kota kudus
    padahal kudus-jepara jarak tempuh cuman 5menit,tapi 5hari barang tak kunjung datang,jiancuk

    BalasHapus