Pos Indonesia merupakan sebuah badan
usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan
pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan
terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha
Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang
pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum
(perum) menjadi sebuah perusahaan (persero). Pos Indonesia memiliki
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang dicatatkan di Akta
Notaris Sutjipto, S. H. Nomor 117 pada tanggal 20 Juni 1995 yang juga
telah mengalami perubahan sebagaimana yang dicatatkan di Akta Notaris
Sutjipto, S. H. Nomor 89 pada tanggal 21 September 1998 dan Nomor 111
pada tanggal 28 Oktober 1998 (Wikipedia).
PT. Pos Indonesia sebagai salah satu
pelayanan jasa pengiriman terbesar di Indonesia menawarkan berbagai
keunggulan yakni komunikasi yang selektif dan interaktif,membangun
dan memelihara hubungan dengan pelanggan, mengukur keberhasilan,
mengevaluasi, dan melakukan penyesuaian/perbaikan. PT. Pos Indonesia
juga cukup kreatif dalam menciptakan produk dan jasa keuangan seperti
filateli, admail post, express mail, pos kilat dll sehingga dapat
bersaing dengan jasa pengiriman swasta.Namun sangat disayangkan
perkembangan kreatifitas produk Pos Indonesia tidak sesuai dengan
peningkatan kualitas pelayanannya. Akhir-akhir ini banyak muncul
komentar-komentar pedas dari masyarakat terhadap PT. POS INDONESIA.
Yang menjadi masalah banyak masyarakat komplain akan keterlambatan
barang bahkan banyak pula yang berkomentar barang tidak sampai di
tempat tujuan atau hilang entah kemana. Berikut beberapa komentar
pelanggan PT. Pos yang kecewa :
Komentar masyaratkat di sosial media
facebook :
Kotak Cantik
SANGAT KECEWA DENGAN SERVICE POS
INDONESIA, paket kiriman saya dengan resi 12694020861 (kilat khusus)
kirim 11 desember 2012 dari Solo hingga saat ini belum saya terima di
Surabaya, sudah komplain malah dilempar kesana-kemari hingga pulsa
habis tanpa ada status kejelasan paket saya, apalagi beberapa nomor
telpon yang tercantum tidak bisa dihubungi: 031-3522099, 3523096,
3520033, 3573304. apakah POS INDONESIA TIDAK MAU MENERIMA
KELUHA/KOMPLAIN PELANGGAN YANG KIRIMAN PAKETNYA SANGAT TERLAMBAT
MESKIPUN MENGGUNAKAN JASA KILAT KHUSUS YANG MAHAL?
mending pakai jasa pengiriman lain yang
servisnya lebih bagus dengan harga sama.
Arsha Batik
Jogja Pak Pos ko status kiriman dg resi
ini 12690567809 masih proses kirim ja biasanya ni dah smpe tempat
tujuan terus kapan sampainya? sy kirim keluhan lengkap datanya lewat
web, lewat inbox jg gak direspon. Terima Kasih.
Julius Li
Saya juga merasakan hal yang hampir
sama, biasanya lewat jne, krman saya dari jawa ke batam nyampe 2hri,
cb krm lewat pos indonesia krm tanggal 6 sampe skrg gk tau di mana
posisi barang saya, jika di cek online hanya ada tulisan status
kirim,, tolong lah pos indonesia lbh bersaing dngan jasa pengiriman
lain
Dhian Ratnasari
Pak, paket saya sudah sekitar seminggu
yang lalu saya kirim, tapi sampai hari ini belum sampai di tangan
penerima. Malah di status lacak, tertera dikirim balik ke kota saya.
Saya sudah lapor lewat keluhan. Mohon tanggapan segera. Penerima
sudah terlalu lama menunggu. Terimakasih.
Alam Jagad Cilek
Besok sy me paket kurang lebih 50 kg,
jaket dan kaos
Mudah mudah pihak kantor pos tidak
bongkar dan mengambil paketan untuk kepentingan pribadi. Sukses Pak
pos.
Rainall Huliselan
Pak POS...barang kiriman saya kok blm
sampai sampai yach....No Resi :12629460206. .... maksudnya apa ini
dengan status terbukukan?
Asry Cembem Tea
tgl 12 Desember 2012
saya mgirim pos dr cikarang ke
karawang.
resi 12964050759
tp setelah saya cek hari ini tanggal 17
Desember 2012,
STATUS KIRIMAN TERBUKU KAN.
apa maksudnya? SERVICE NYA TOLONG DI
PERBAIKI.
lihat selengkapnya di ;
http://www.facebook.com/posindonesia
Ternyata masalah pelayanan ini bukan
hanya terjadi baru-baru ini namun sudah sejak tahun 2009, masyarakat
sudah kecewa dengan pelayanan PT. Pos yang lelet dan bahkan tidak
sampai ke konsumen. Terbukti dengan beberapa komentar masyarakat yang
dikutip dari pushandaka.com
dibawah ini :
27 Responses to “Kecewa Pos
Indonesia”
ketut sutawijaya
Saya juga pernah dikecewakan dengan pos
indonesia. Saya pernah sekali mengirimkan paket dari bali ke jakarta.
sampai sekarang, entah bagaimana kabarnya. Hanya Tuhan yang tahu.
tidak ada yang tahu dimana paket tersebut nyungsep. hihihi.-= ketut
sutawijaya´s last blog ..Masih tentang FB =-.
Cahya
Saya sendiri belum pernah mengalami
hal-hal seperti itu. Namun biasanya saya hanya mengirim barang-barang
atau surat yang tidak terlalu penting untuk segera sampai lewat POS
Indonesia.Namun jika saya mengirim dokumen penting atau benda yang
harus sampai dalam waktu 24 jam. Saya biasanya menggunakan jasa Pajet
Yes dari TIKI/JNE.
Bukankah katanya kalau tidak sampai
tepat waktu mendapatkan ganti rugi?
Itik Bali
Sebenernya paket menggunakan pos itu
cukup baik hanya sayangnya pada saat ada kejadian apa-apa kita sulit
untuk melacaknya karena terlalu banyak orang yang saling lempar...-=
Itik Bali´s last blog ..7 Hal Mengapa Harus Berkomentar
Winarto
Kalau saya lebih suka jasa pengiriman
milik swasta..meski sedikit mahal, tapi top begete.
Gek
Apalagi saya…..
Katanya udah sampe 10 hari.. sekarang
udah 4 minggu, paketan saya belum sampai rumah. Abis itu, belum lagi
pajak yg harus dibayar… SAYA KECEWA DENGAN POS INDONESIA!!!!!(Eh,
ayo tukeran link, kalo ga isa follow… (pasrah…).-= Gek´s last
blog ..Rumput Liar.
vinna
next time mba rini-nya coba ngirim pake
tiki aja, mas...-= vinna´s last blog ..di 10 Hari Terakhir..
=-.
Sugeng
Yang lebih payah lagi ijasahnya ortuku
sampe sekarang ilang gak berbekas (cuma amplopnya saja yang sampe)
padahal itu kiriman dari kediri ke surabaya..-= Sugeng´s last blog
..Hobi Dan Kesenanganku Sangat Mengganggu Keluargaku =-.
dani
Sebentar, dulu memang Pos Indonesia
cabang Jogja (dekat kampus UGM) menyatakan bisa ekspres 24 jam. Dan
saya buktikan memang betul-betul ekspres. Tapi setahu saya,
belakangan, dengan jenis layanan yang sama, beberapa kali, pihak
petugas loket Pos Indonesia dekat kampus UGM selalu mengingatkan
bahwa waktu kirim (saat itu masih jam 9 pagi; jam 10 atau 12 ke atas
dikirim esok hari; cmiiw) ke Denpasar sekarang memakan waktu lebih
dari 24 jam, bukan lagi 24 jam. Saya lupa alasan yang disampaikan
petugas waktu itu.Jadi pengiriman Jumat pagi mungkin sampai di
Denpasar sehari sesudahnya. Tapi hari Sabtu, apakah kurir masih
bekerja? Jadi biasanya diantar Senin. :)
Alternatif lain untuk kiriman 24 jam,
kirim via paket bus (Safari, Gunung Harta, Pahala Kencana, dll), atau
TIKI yang relatif lebih mahal. :).-= dani´s last blog ..Web Blog
Navigation Menu =-.
venny
SeTuju . . . pelayanan pT . pos
indonesia emank ga memuaskan. Nih, saya sedang menunggu paket dari
surabaya yang tak kunjung datang. Yang ada hanyalah penyesalan kenapa
mempercayakan pengirimannya kepada PT . pos indonesia.
dicky
yach.. aku punya banyak pengalaman
buruk dgn jasa PT pos ini.. dan tidak bisa berbuat banyak ketika
barang terlambat berminggu2.. kupikir sekali dua kali sih wajar lah..
tapi kok berulangkali ya.. akhirnya aku kapok pake jasa pos indonesia
ini. dulu mereka bisa saja seenaknya karena monopoli (gak ada saingan
jasa pengiriman lain yg berarti)tapi skrg kan banyak.. tinggalin ajah
ganti yg lain yg bisa dipercaya.. kalo pengen kembali dipercaya.. ya
perbaiki dulu pelayananya.
lihat selengkapnya di : pushandaka.com
Untuk itu, diharapkan kepada PT. Pos
Indonesia agar segera memperbaiki pelayanan baik dari segi pengiriman
barang maupun pelayanan informasi umum bagi konsumen. Semoga dengan
melihat komentar dari masyarakat menjadikan PT Pos Indonesia jauh
lebih baik lagi.